Enter your keyword

Minggu, 03 Februari 2019

Menikmati Sunset Indah di Kota Tua Ampenan Mataram

Momen Matahari terbenam (sunset) adalah hal yang paling dikejar hampir semua orang yang menyukainya, ada yang hanya sekedar untuk manambah koleksi gambar di galeri, menghabiskan waktu berharga dibawah senja yang indah bersama pasangan maupun keluarga, sebagian lain memutuskan untuk menyendiri & menenangkan diri dari hiruk pikuk dunia yang menyapa tiada henti. Memang, sunset adalah obat untuk jiwa-jiwa yang merindukannya. Asiiik. Jadi, bagi kamu pemburu sunset, Pantai Ampenan adalah tempat yang patut kamu kunjungi jika berlibur di Pulau Lombok tepatnya di Kota Mataram.
Menikmati Sunset Indah di Kota Tua Ampenan Mataram
Ikon Kota Tua Ampenan Mataram
Pantai Ampenan, salah satu destinasi andalan dan terdekat dengan Kota Mataram. Dengan modal ojek online Rp 10.000,- dan hanya menempuh waktu 5-10 menit pemandangan Pantai Ampenan tersunguh di depan mata, tidak hanya gradasi jingga yang menyejukkan mata, bangunan Kota Tua bergaya art deco Khas Belanda yang berjejer rapi bernilai sejarah juga patut untuk ditelaah. Pantai Ampenan terletak di Kota Tua Ampenan yang merupakan salah satu kota tua yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia dalam Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) bersama dengan 42 kota tua lainnya yang ada di Indonesia.
Menikmati Sunset Indah di Kota Tua Ampenan Mataram
Sunset Indah Di Kota Tua Ampenan Mataram
Ampenan berasal dari bahasa sasak yang diambil dari kata amben, artinya persinggahan, sebagai pusat perdagangan dan pelabuhan Ampenan memang kota tempat persinggahan berbagai suku sejak zaman Belanda dulu. Kota ini dibangun pada tahun 1924 oleh Belanda yang menunjukkan ambisi Belanda dalam menciptakan sebuah Kota Pelabuhan di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Setidaknya ada 459 kapal yang singgah beserta 527 perahu yang melakukan bongkar muat di Ampenan pada era 70an. Meskipun pada tahun 1970 karena besarnya gelombang laut di Selat Lombok, pelabuhan tersebut dipindahkan ke Lembar. Setelah terjadi perpindahan, akvitas masyarakat di Ampenan mulai berkurang ramainya, tetapi tetap 'hidup' hingga sekarang.
Menikmati Sunset Indah di Kota Tua Ampenan Mataram
Bangunan tua di Kota Ampenan via www.travelingyuk.com
Saat menjejaki kaki pertama kali di Ampenan, aku langsung merasakan nuansa keberagaman agama maupun suku bersamaan dengan toleransi yang tinggi. Kita dengan mudah bisa menjumpai masyarakat yang berasal dari suku Sasak asli Lombok, Tionghoa, Bugis, Jawa, India, Arab dan lainnya, bahkan masing-masing suku ada perkampungannya loh. Misalnya Kampung Melayu banyak dihuni oleh mereka yang mayoritas Islam yang didepannya ada Vihara Bodi Dharma yang berdiri sejak tahun 1804, sementara di kawasan pesisir dihuni oleh Suku Banjar yang berprofesi sebagai nelayan. Sayangnya,aku lupa mengambil gambarnya saat mengelilingi Ampenan. Duuuh.
Menikmati Sunset Indah di Kota Tua Ampenan Mataram
Wisata Kuliner Pantai Ampenan Mataram
Sembari menikmati sunset yang indah, kamu bisa memanjakan lidah dengan kuliner khas Pulau Lombok seperti sate bulayak, sate tanjung, sea food, plecing kankung khas Lombok dan masih banyak sekali makanan lain yang dijajakan disini dengan harga yang terjangkau berkisar Rp 5.000,- hingga Rp 25.000,-.tergantung berapa banyak porsinya ya hehehe.
Menikmati Sunset Indah di Kota Tua Ampenan Mataram
Seafood di Pantai Ampenan Mataram
Ada beberapa spot berphoto yang tersedia diantaranya gapura ampenan bumi Al-Qur'an, taman dan jembatan photo yang mendukung dokumentasi semakin menarik. Ohiya, untuk teman-teman Muslim jangan khawatir jika mengunjungi Ampenan di sore hari menjelang magrib, ada mushola kecil untuk sholat yang bisa kamu gunakan dengan leluasa. 
Menikmati Sunset Indah di Kota Tua Ampenan Mataram
Gapura Ampenan Bumi Al Qur'an di Pantai Ampenan Mataram
Bagi kamu yang ingin mengunjungi Ampenan, aku sarankan berkunjunglah saat sore hari ketika langit jingga menyelimuti kota Tua ini. Jika kamu tipe yang suka berolahraga, datanglah setelah subuh sembari menikmati sunrise di Ampenan. Sebaiknya hindari berkunjung saat siang hari karena cuaca yang cukup terik dan kadang juga berdebu.
Menikmati Sunset Indah di Kota Tua Ampenan Mataram
Sunset Indah di Kota Tua Ampenan Mataram
Selamat menikmati sunset di Kota Tua Ampenan ya. Jangan lupa catatan perjalanan dan kameramu untuk merekam semua momen berharga di Ampenan ya, ditunggu!. (NM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar