Enter your keyword

Minggu, 09 September 2018

Belajar SEO Bersama Wahyu Blahe Guru SEO Medan

Hari ini saya berkesempatan belajar tentang bagaimana memajukan bisnis melalui digital marketing hingga SEO di Gapura Digital, yang merupakan program training gratis dari Google. Wahyu Blahe,merupakan Guru SEO Medan salah satu pengajar di kelas Gapura Digital ini. Menurutnya , jika kita ingin dikenal, setidaknya kita harus dikenal di google. Sangat disayangkan ketika tulisan atau produk kita bagus, tetapi tidak bisa dideteksi oleh Google dan itu artinya produk kita tidak banyak yang tahu, sehingga kita tidak mendapatkan hasil dari bisnis kita secara maksimal. Oleh karena itu, kita harus belajar SEO atau Search Engine Optimization, yaitu bagaimana memaksimalkan mesin telusur dengan kata kunci di google sehingga muncul di halaman pertama secara gratis dan tanpa iklan.

Belajar SEO Bersama Wahyu Blahe Guru SEO Medan
Belajar SEO Bersama Wahyu Blahe Guru SEO Medan
Di Indonesia, hampir semua pengguna internet menggunakan mesin pencari Google untuk mencari informasi, solusi dan inspirasi hanya dengan mengklik www.google.com. Biasanya kita lebih fokus pada halaman pertama google karena informasi tersebut lebih valid dan cepat. Nah, Saya sendiri jarang membuka google di halaman kedua dan seterusnya karena itu merepotkan hehehe. 

Wahyu Blahe menjelaskan bahwa salah satu cara mudah belajar SEO yaitu dengan melakukan riset terlebih dahulu. Riset kata kunci bisa dicek minimal di Google Keyword Planner dan Google Trends. Hal ini agar kita bisa melihat apakah kata kunci tersebut termasuk yang dicari oleh banyak orang atau sebaliknya. Selanjutnya selesai melalukan riset, kita mulai membuat tulisan tentang produk di website bisnis kita berdasarkan kata kunci yang telah diriset. Tulisan tersebut didukung dengan gambar yang telah diberi nama sesuai judul, ditambahi dengan caption dan properti alternatif sesuai dengan judul. Selain itu, jangan lupa menambahkan label dan search description nya yang mengandung kata kunci. Intinya semakin banyak kita menulis kata kunci dalam tulisan kita, semakin mudah bagi google untuk mendeteksinya.

Belajar SEO Bersama Wahyu Blahe Guru SEO Medan
Belajar SEO Bersama Wahyu Blahe Guru SEO Medan
Hampir semua pembisnis yang sudah go online melakukan salah satu strategi marketing ini, yaitu SEO. Selain dapat mendatangkan banyak pengunjung, dapat pula menjadikan pengunjung tersebut pembeli produk atau jasa yang kita tawarkan. Begitu pentingnya SEO dalam membangun bisnis, sudah seharusnya kita belajar secara maksimal mengenai SEO ini, memang membutuhkan kesabaran dalam berproses karena tidak serta merta langsung menduduki halaman pertama google, kadang membutuhkan beberapa bulan bahkan tahunan untuk mendapatkan halaman pertama ini.Tetapi setidaknya dengan belajar SEO, kita tahu bagaimana mengawali bisnis secara maksimal melalui kata kunci yang disukai google.
Belajar SEO Bersama Wahyu Blahe Guru SEO Medan
Belajar SEO Bersama Wahyu Blahe Guru SEO Medan
Menurut saya, Belajar SEO bersama Wahyu Blahe sangat menyenangkan dan saya merasa lebih mudah memahami materinya. Awalnya saya kira belajar SEO ini pasti sulit dan penuh dengan istilah yang tidak dimengerti, ternyata sangat ringan karena beliau mampu menjelaskan secara perlahan, detail dan diiringi dengan candaan yang membuat rileks, sehingga memudahkan saya dalam belajar SEO. Semoga ilmu ini bermanfaat bagi saya dan juga bagi pembaca blog saya tentunya. Terima kasih Gapura Digital atas kesempatan belajar SEO bersama Wahyu Blahe Guru SEO Medan. #GiniGiniGoOnline

2 komentar:

  1. kk boleh minta jadwal gapura digitalnya. ingin ikut juga sih ini kak.
    belom tahu lagi kaan waktu gapura digitalnya

    BalasHapus