Enter your keyword

Minggu, 26 Agustus 2018

Menikmati Wisata Istimewa Di Sejati Deso Yogyakarta

Yogyakarta Istimewa sepertinya slogan Yogyakarta ini mampu menarik banyak orang agar berkunjung dan berwisata ke Yogyakarta. Branding Yogyakarta Istimewa sebagai kota yang bersejarah memiliki arti luar biasa dan penuh makna. Di sini saya coba menjelaskan mengapa Yogyakarta mendapat julukan daerah istimewa. Barangkali karena Yogya merupakan salah satu Provinsi yang memiliki istimewa di Negeri ini. Selain terletak tepat di jantung Pulau Jawa, Yogya juga memiliki beberapa julukan istimewa seperti Kota Gudeg, Kota Pelajar, Kota Republik, Kota Seniman dan lainnya.

Saya sudah beberapa kali mengunjungi Yogyakarta, tetap saja ada keinginan kembali lagi dan lagi ke sana. Yogyakarta seperti mempunyai "sihir" yang memiliki keistimewaan bagi saya dan membuat kaki tak pernah bosan untuk menapakinya. Yogya benar-benar istimewa. Kamu yang pernah menikmati Yogya, pasti merasakan hal yang sama dengan saya. Ayo ngaku :)

Yogyakarta Istimewa
Yogyakarta Istimewa

Jadi, ini kesempatan keempat saya berkunjung ke Yogyakarta, meskipun  lebih tepatnya belajar selama sepuluh hari di Yogyakarta melalui Akademi Kewirausahaan Masyarakat (AKM) Indonesia yang diadakan oleh Creative Hub FISIPOL UGM. Harapannya, AKM ini menjadi wadah bagi sarjana desa untuk berjuang membangun desa. Nah, kami mendapatkan kesempatan belajar langsung di salah satu dusun Istimewanya. Penasaran mengapa Dusun ini istimewa?? Yok Cekidot..

Ramahnya Masyarakat Dusun Sejati Deso Yogyakarta
Ramahnya Masyarakat Dusun Sejati Deso Yogyakarta (Tika Risyad)

Dusun Sejati Deso ini merupakan salah satu Dusun terbesar di Desa Sumber Arum, Kecamatan Mayodan Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Desa Sumber Arum memiliki luas 765 Ha dan memiliki 12 Dusun. Sementara Dusun Sejati Deso memiliki luas sekitar 4 Ha dengan alam yang membentang indah dan produk tenun stagen yang menjadi ciri khas Dusun ini. Untuk menempuh perjalanan ke Dusun ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam  dari pusat kota Yogyakarta menuju arah Kabupaten Sleman. Untuk mengakses dusun ini cukup mudah, bisa dengan kenderaan roda empat maupun roda dua. Uniknya Dusun ini memiliki potensi sumber daya alam, ekonomi dan sosial yang melimpah serta mampu membangun ekonomi masyarakat Dusun secara langsung.

Tenun stagen adalah ciri khas tenun Sejati Deso Yogyakarta
Tenun stagen adalah ciri khas tenun Sejati Deso Yogyakarta (Nadia Rote)

Dusun ini mempunyai motto "Sejati Deso gumbrega" yang artinya Sejati Deso Bangkit, masyakat setiap bulan mengadakan pertemuan bulanan yang membahas tentang perkembangan dusun. Hal ini menjadi nilai tambah sehingga terpilih menjadi Dusun wisata yang memiliki ekonomi kreatif se-Sumber Arum Yogyakarta 2 tahun lalu hingga saat ini. Pencapaian ini tidak lepas dari semangat kerjasama semua pihak yang menginginkan Desanya maju dan mandiri secara ekonomi. 

Dusun Sejati Deso Sleman Yogyakarta
Jalan menuju Dusun Sejati Deso Yogyakarta (Tika Risyad)

Suasana Dusun yang tenang dan masyarakatnya yang ramah menjadikan Dusun ini patut dikunjungi.  Untuk kamu yang ingin bermalam disini, jangan khawatir dengan fasilitas penginapan, disini ada 67 penginapan yang disediakan warga.  Warga Dusun rata-rata mempunyai hasil pertaniannya juga sangat beragam yaitu  padi, coklat, kelapa, rambutan, dan pisang. Selain itu ada peternakan sapi, ayam, dan kambing. Potensi ekonomi yang berasal dari hasil tye dye (batik jumputan) dan tenunan stagen. Hasil tenun ini biasanya dipakai saat acara adat, baik itu pernikahan, aqiqahan, maupun sunatan. Harga tenun stagen hanya Rp 8.000,-,  ukuran lebar 10–20 cm dengan panjang bisa mencapai 10–20 cm. Hasil tenun warga dikelolah langsung oleh Koperasi di bawah Kelompok Sadar Wisata (POK DARWIS) Dusun Sejati Deso.
  
Batik Jumputan Dusun Sejati Deso Yogyakarta
Batik Jumputan Dusun Sejati Deso Yogyakarta (Nadia Rote)

Oh iya, bagi kamu penyuka tantangan, kamu bisa menikmati aliran sungai yang mengalir di bawah bukit dan offroad yang menguji andrenalin mu. Berdasarkan informasi yang saya dapat, sebaiknya mencoba offroad di musim hujan agar terasa benar-benar terasa nikmatnya ber-offroad ria. Selain menikmati tantangan alam, kamu juga bisa menikmati budaya turun temurun Kelompok Tresno Budoyo Dusun Sejati Deso. Bukan hanya menjadi penikmat, kamu juga bisa belajar langsung kepada pengurus kelompok budaya ini. Seru!

Indahnya Dusun Sejati Deso Yogyakarta
Sungai dibawah bukit Dusun Sejati Deso Yogyakarta. (Tia Sofyan)

Ada karawitan (gamelan), theater rakyat dan tari tradisional yang dikemas dengan unik sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi anak-anak maupun orang dewasa. Semua kegiatan ini dilakukan oleh masyarakat Dusun dalam rangka menjaga budaya agar tidak luntur ditelan zaman dan ekonomi masyarakat tetap seimbang. Jadi, dampak positifnya dapat dirasakan dalam berbagai sisi kehidupan.

Karawitan Dusun Sejati Deso Yogyakarta
Karawitan Dusun Sejati Deso Yogyakarta. (Nadia Rote)

Setelah menikmati berbagai wisata di Dusun ini, kamu juga bisa membeli ole-ole khas tenun berupa tas, gelang, tye dye dan kain tenun khas Dusun ini. Jangan pulang tanpa membawa ole-ole ya., karena setiap pembelian produk masyarakat berarti membantu masyarakat dusun semakin mandiri perekonomiannya.

Produk Tenun Sejati Deso Yogyakarta
Salah satu produk Tenun Sejati Deso Yogyakarta (Tika Risyad)

Pak Amin, Penasehat Pok Darwis Dusun ini pernah berkata kepada saya bahwa semua orang bisa berjuang sesuai apa yang dia bisa. Saya memulainya di Desa saya ini. Harapan saya agar ekonomi masyarakat meningkat, budaya tetap terjaga, dan potensi Desa semakin berkembang. Jika bukan kami yang membangun desa ini, siapa lagi?

Saya sepakat dengan Pak Amin bahwa kita harus bergerak dengan memaksimalkan kemampuan kita untuk membantu masyarakat di sekitar kita. Jadi, saya menulis Dusun Sejati Deso Yogyakarta ini merupakan bagian dari memaksimalkan kemampuan saya dalam mempromosikan Dusun wisata yang telah saya kunjungi. Kamu tertarik menikmati desa wisata Istimewa? Kuy, ke Jogja ajaa~ (NM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar