Enter your keyword

Rabu, 21 Februari 2018

Berlibur Ke Gili-Gili Sekitar Pulau Madura

Madura bukan hanya karapan sapi dan batiknya yang terkenal hingga ke mancanegara. Madura juga memiliki potensi wisata alam berupa Gili-Gili seperti di Lombok yang sering dijadikan destinasi wisata bahari karena pemandangannya yang cantik. Kalau kamu ingin berlibur ke Madura, buatlah itinerary penerbangan dengan Lion Air ke Surabaya, lanjut ke Kabupaten Sumenep yang menempati posisi teratas pemilik destinasi dengan 126 pulau yang masuk dalam teritorinya. Apa saja Gili yang ada di sana? Cekidot..
Gili Iyang
Pantai Batu Cangge (wisatasumenep.com)
Tidak hanya memiliki garis pantai yang memesona, Gili Iyang dikenal dengan pulau yang memiliki kadar oksigen tertinggi di dunia. Dikutip dari Kompas, hasil penelitian Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Jawa Timur menunjukkan kadar oksigen Gili Iyang lebih tinggi dari kadar oksigen rata-rata yang sebesar 20 persen. Tertinggi kedua setelah Jordania, menjadikan Gili Iyang sebagai destinasi kesehatan selain baharinya yang ditonjolkan.

Gili Labak
(mahligai-indonesia.com)
Pulau ini cantik sekali. Istimewa dengan taman bawah lautnya yang banyak dijadikan objek untuk snorkeling di perairannya. Gugusan karangnya berpadu cantik dengan ikan-ikan yang berenang menggemaskan untuk dikejar dengan kamera bawah air. Pemandangan di atas permukaan lautnya jauh lebih cantik lho, pasir putih dikombinasikan dengan air laut yang biru jernih, hmmm siapa bisa menolak liburan ke Madura terutama ke Gili Labaknya?

Gili Genting
sumber:giligentingmadura.blogspot.co.id
Terletak di ujung selatan Sumenep, Gili Genting memiliki destinasi unggulan Pantai Sembilan dan Pantai Kahuripan. Di Pantai Sembilannya ada ayunan di pinggir pantai yang mirip dengan Gili di Lombok yang dapat melihat laut biru berbatas pasir putih sejauh mata memandang. Konon sedang dibangun dive centre untuk kamu yang menyukai diving di Gili Genting. Asiik. 

Gili Raja
Dekat dengan Gili Genting, menjelajahi Gili Raja bagaikan terisolir dari dunia karena belum ada listriknya. Pantai-pantainya indah dan alami, sehingga mau berenang ataupun snorkeling jadi lebih puas untuk mengisi waktu berlibur ke Madura. Meski tidak ada listrik, Gili Raja sudah berpenghuni. Mayoritas adalah nelayan setempat yang biasanya menyediakan ikan yang dijual dan bisa langsung dimasak di tempat. Asyiknya kalau malam tiba, suasana pulau jadi gelap gulita.

Gili Pandan
sumber:yusufwolfskin.wordpress.com
Masih dalam wilayah Gili Raja, terdapat Gili Pandan yang bisa dicapai sekitar 1 jam perjalanan laut. Di tempat yang hanya dihuni dua orang ini kamu bisa menyelesaikan perjalanan keliling pulau hanya dalam waktu 10 menit saja! Tidak ada dermaga di pulau ini, sehingga perahu pengunjung langsung bisa merapat ke garis pantainya. Akibat penambangan pasir liar, kini tidak ada lagi semak pandan yang menjadi ciri khasnya.

Sebenarnya masih ada lagi Gili Keramat dan Gili Gilingan di sekitar perairan Gili Raja. Namun keberadaannya masih diragukan karena pulau kecil tersebut masuk wilayah Kabupaten Pamekasan.  Well, kalau kamu tinggal di Jawa Timur dan hobi menjelajah alam, ada baiknya agendakan dulu berlibur ke Madura menjelajahi Gili-Gilinya baru ke Lombok. Sesekali mempromosikan dan memajukan wisata daerah sendiri, yuk?

2 komentar: