Langsung ke konten utama

Berlibur Ke Gili-Gili Sekitar Pulau Madura

Madura bukan hanya karapan sapi dan batiknya yang terkenal hingga ke mancanegara. Madura juga memiliki potensi wisata alam berupa Gili-Gili seperti di Lombok yang sering dijadikan destinasi wisata bahari karena pemandangannya yang cantik. Kalau kamu ingin berlibur ke Madura, buatlah itinerary penerbangan dengan Lion Air ke Surabaya, lanjut ke Kabupaten Sumenep yang menempati posisi teratas pemilik destinasi dengan 126 pulau yang masuk dalam teritorinya. Apa saja Gili yang ada di sana? Cekidot..
Gili Iyang
Pantai Batu Cangge (wisatasumenep.com)
Tidak hanya memiliki garis pantai yang memesona, Gili Iyang dikenal dengan pulau yang memiliki kadar oksigen tertinggi di dunia. Dikutip dari Kompas, hasil penelitian Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Jawa Timur menunjukkan kadar oksigen Gili Iyang lebih tinggi dari kadar oksigen rata-rata yang sebesar 20 persen. Tertinggi kedua setelah Jordania, menjadikan Gili Iyang sebagai destinasi kesehatan selain baharinya yang ditonjolkan.

Gili Labak
(mahligai-indonesia.com)
Pulau ini cantik sekali. Istimewa dengan taman bawah lautnya yang banyak dijadikan objek untuk snorkeling di perairannya. Gugusan karangnya berpadu cantik dengan ikan-ikan yang berenang menggemaskan untuk dikejar dengan kamera bawah air. Pemandangan di atas permukaan lautnya jauh lebih cantik lho, pasir putih dikombinasikan dengan air laut yang biru jernih, hmmm siapa bisa menolak liburan ke Madura terutama ke Gili Labaknya?

Gili Genting
sumber:giligentingmadura.blogspot.co.id
Terletak di ujung selatan Sumenep, Gili Genting memiliki destinasi unggulan Pantai Sembilan dan Pantai Kahuripan. Di Pantai Sembilannya ada ayunan di pinggir pantai yang mirip dengan Gili di Lombok yang dapat melihat laut biru berbatas pasir putih sejauh mata memandang. Konon sedang dibangun dive centre untuk kamu yang menyukai diving di Gili Genting. Asiik. 

Gili Raja
Dekat dengan Gili Genting, menjelajahi Gili Raja bagaikan terisolir dari dunia karena belum ada listriknya. Pantai-pantainya indah dan alami, sehingga mau berenang ataupun snorkeling jadi lebih puas untuk mengisi waktu berlibur ke Madura. Meski tidak ada listrik, Gili Raja sudah berpenghuni. Mayoritas adalah nelayan setempat yang biasanya menyediakan ikan yang dijual dan bisa langsung dimasak di tempat. Asyiknya kalau malam tiba, suasana pulau jadi gelap gulita.

Gili Pandan
sumber:yusufwolfskin.wordpress.com
Masih dalam wilayah Gili Raja, terdapat Gili Pandan yang bisa dicapai sekitar 1 jam perjalanan laut. Di tempat yang hanya dihuni dua orang ini kamu bisa menyelesaikan perjalanan keliling pulau hanya dalam waktu 10 menit saja! Tidak ada dermaga di pulau ini, sehingga perahu pengunjung langsung bisa merapat ke garis pantainya. Akibat penambangan pasir liar, kini tidak ada lagi semak pandan yang menjadi ciri khasnya.

Sebenarnya masih ada lagi Gili Keramat dan Gili Gilingan di sekitar perairan Gili Raja. Namun keberadaannya masih diragukan karena pulau kecil tersebut masuk wilayah Kabupaten Pamekasan.  Well, kalau kamu tinggal di Jawa Timur dan hobi menjelajah alam, ada baiknya agendakan dulu berlibur ke Madura menjelajahi Gili-Gilinya baru ke Lombok. Sesekali mempromosikan dan memajukan wisata daerah sendiri, yuk?

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekreasi Murah Keliling Sidamanik Dan Tarutung Sumatera Utara

Ketika kepenatan melanda yang membuat kerutan di kening semakin mengerut dan hati terasa tak pernah cukup barangkali kita butuh rekreasi sejenak. Menyatu bersama alam sembari merefleksi diri mengenai hidup ini. Mungkin kita terlalu memaksa diri terjebak dalam rutinitas padahal rekreasi  juga diperlukan. Rekreasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk penyegaran kembali rohani dan jasmani kita agar kembali bersemangat dalam beraktifitas sehari-hari. Umumnya jenis rekreasi diantaranya pariwisata, olahraga, permainan dan melakukan hobi.
Menurut Psikolog, rekreasi diperlukan bagi manusia diantaranya yaitu melepas ketegangan dan stress, memiliki umur yang panjang karena tidak mudah stress sehingga penyakit kronis tidak datang, menambah pengetahuan sehingga mengurangi kecenderungan pikun pada usia 60 tahun keatas. Selain itu rekreasi juga membuat waktu berkualitas, membuat kenangan indah bersama dan mempererat hubungan pertemanan semakin erat.

Oleh karena itu, kali ini saya mengajak kawan-…

Wisata Sehari Di Takengon Aceh Tengah

Takengon adalah Ibu kota kabupaten Aceh Tengah yang berdataran tinggi dengan suhu yang tergolong sejuk dibandingkan beberapa kota yang ada di Aceh. Takengon tak diragukan lagi sebagai penghasil kopi terbaik di dunia salah satunya jenis kopi arabika. Lahan kebun kopi di Takengon Aceh Tengah  mencapai 48.300 Hektar. Jika kamu ke Takengon, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pohon kopi yang hijau disepanjang jalan dan bukit yang akan kamu lewati, dan tentunya kilang-kilang atau pabrik kopi yang berderet di kota Takengon.
Takengon berasal dari bahasa Gayo yaitu "tekongan" yang artinya kelokan. Terbukti untuk mencapai kota kecil ini harus melewati tanjakan perbukitan dan menelusuri lereng-lereng gunung yang berkelok-kelok dan terjal. Sayangnya jalan lintas di Takengon juga masih ada yang berlubang-lubang dan tentu masih perlu perbaikan dari pihak pemerintah.
Alhamdulillah saya berkesempatan mengunjungi kota kecil ini di pertengahan januari 2016, karena abang kelas saya di ka…

Ragam Wisata di Meulaboh Aceh Barat

Meulaboh adalah Ibu Kota Kabupaten Aceh Barat yang terletak disalah satu kabupaten di Provinsi Aceh. Letak geografis Meulaboh sangat strategis, merupakan salah satu kota teramai di barat selatan Aceh yang rata-rata mata pencaharian penduduknya adalah berdagang dan jasa. 
Meulaboh juga merupakan salah satu kota terparah yang terkena bencana Tsunami Aceh tahun 2004 lalu. Bukan hanya menghabiskan banyak bangunan fisik namun juga ribuan nyawa melayang dalam sekejap. Namun hampir sebelas tahun sudah Tsunami berlalu, pemerintah dan masyarakat Aceh Barat khususnya mulai bangkit kembali. Terlihat dengan banyaknya program-program pemerintah yang fokus kepada   pembangunan fisik maupun sumber daya manusia. Pembangunan jalan sudah luas membentang, masjid-masjid berdiri gagah disepanjang jalan, sport center luas akan dibangun, kampus-kampus banyak sekali yang sudah terakreditasi negeri, jembatan-jembatan mulai tertata dengan baik dan tentu dengan pantai memukau yang ada di kota pesisir ini.
Jika…