Langsung ke konten utama

Menjadi Perempuan Berpengalaman

"Kau ialah betina, kalau kau cuma tahu soal makan, tidur, bersolek dan kawin. Banyaklah belajar, berpikirlah besar, rancanglah masa depan dan pandai-pandailah menempatkan diri, maka kau boleh disebut wanita. Tapi, untuk menjadi perempuan, kau juga harus memiliki kesadaran, ketulusan dan bisa menjadi tempat untuk berpulang, serta kuat tuk dijadikan pijakan.”  ― Lenang Manggala, Perempuan Dalam Hujan: Sealbum Puisigrafi.

Menjadi Perempuan Berpengalaman
Perempuan yang menempah diri melalui semest
Qoute Mas Manggala ini menjadi inspirasi tersendiri bagi saya sebagai perempuan yang mempunyai mimpi menjadi perempuan berpengalaman. Menjadi perempuan dengan banyak pengalaman pastilah menyenangkan karena ada bekal untuk perjalanan selanjutnya. Jadi. mumpung masih muda jadi saya mondar-mandir mencari apa-apa saja yang bisa saya amati, pelajari dan aplikasikan dalam hidup saya. Eyaaak.. jangan serius-serius kali bacanya :)

Sehingga beberapa orang bertanya kepada saya apa motivasi saya sibuk sana-sini? Dan terlihat semua diikuti, apa enggak lelah? (Itu kelihatan sibuk di sosial media saja, nyatanya main-main aja kegiatan saya hehehe)

Jawabannya sesederhana yang saya katakan diawal bahwa saya hanya ingin mengumpulkan banyak pengalaman ketika muda agar kelak ketika menjadi orang tua, saya mempunyai banyak pandangan hidup sehingga menjadi referensi bagi anak-anak saya kelak. Saya punya cita-cita bahwa kelak saya adalah idola anak-anak saya sehingga ia tidak perlu kebingungan mencari siapa idolanya. Jika orang tuanya menjadi sumber inspirasi baginya, tentulah sangat mudah mengarahkan impian-impian yang lebih besar dari sekedar impian keduniaan.

Selain itu, ketika menua nanti saya ingin menjadi orang yang semakin bijak menyikapi hidup ini dengan emosional dan spritual terbaik tentunya. Semakin tua, semakin bijak. Bukan sebaliknya. Bijak dalam hidup ini adalah keharusan mutlak dan sayangnya tidak semua mempunyai kebijaksanaan yang baik. Saya ingin menjadi salah satu perempuan bijak tersebut.

Mungkin ini kelihatan terlalu jauh, tapi begitulah salah satu impian saya. Saya gila mencoba banyak hal (walau deg-degan) hanya untuk mendapatkan pengalaman. Entah pengalaman dianggap gelandangan di jalanan, entah pengalaman belajar Al-quran dan entah pengalaman lainnya.

Menjadi Perempuan Berpengalaman
Pengalaman untuk anak-anak masa depan

Berbicara lelah pastilah lelah. Tetapi seringkali energi cinta itu menghilangkan lelah itu sendiri. Ketika menikmati apapun yang terjadi, saya sering lupa bahwa kesehatan saya kadang-kadang menurun. Semua menjadi mudah dan ringan.

Ohiya, saya sering katakan ke teman-teman bahwa kita tidak hanya cukup dengan fisik yang sehat tetapi juga dengan emosional dan spritual yang harus lebih baik. Karena semakin kedepan hidup semakin menantang dan hati tak boleh semakin keras. Dalam hal ini, saya sedang belajar mengasah kedua kecerdasan tersebut. Walau masih sering 'panas-dingin' hahaha.

Terlepas dari itu semua, pastilah karena Allah. Allah memberikan kita kemampuan dan ilmu, tentu untuk dibagi kepada semua ciptaan-Nya. Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi semesta. Saat kita memberi disaat yang sama semesta pula yang akan membagikan pengalamannya kepada kita.

Jadi, ayok kita gerak. Ayo kita cari pengalaman banyak-banyak ! (NM)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekreasi Murah Keliling Sidamanik Dan Tarutung Sumatera Utara

Ketika kepenatan melanda yang membuat kerutan di kening semakin mengerut dan hati terasa tak pernah cukup barangkali kita butuh rekreasi sejenak. Menyatu bersama alam sembari merefleksi diri mengenai hidup ini. Mungkin kita terlalu memaksa diri terjebak dalam rutinitas padahal rekreasi  juga diperlukan. Rekreasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk penyegaran kembali rohani dan jasmani kita agar kembali bersemangat dalam beraktifitas sehari-hari. Umumnya jenis rekreasi diantaranya pariwisata, olahraga, permainan dan melakukan hobi.
Menurut Psikolog, rekreasi diperlukan bagi manusia diantaranya yaitu melepas ketegangan dan stress, memiliki umur yang panjang karena tidak mudah stress sehingga penyakit kronis tidak datang, menambah pengetahuan sehingga mengurangi kecenderungan pikun pada usia 60 tahun keatas. Selain itu rekreasi juga membuat waktu berkualitas, membuat kenangan indah bersama dan mempererat hubungan pertemanan semakin erat.

Oleh karena itu, kali ini saya mengajak kawan-…

Wisata Sehari Di Takengon Aceh Tengah

Takengon adalah Ibu kota kabupaten Aceh Tengah yang berdataran tinggi dengan suhu yang tergolong sejuk dibandingkan beberapa kota yang ada di Aceh. Takengon tak diragukan lagi sebagai penghasil kopi terbaik di dunia salah satunya jenis kopi arabika. Lahan kebun kopi di Takengon Aceh Tengah  mencapai 48.300 Hektar. Jika kamu ke Takengon, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pohon kopi yang hijau disepanjang jalan dan bukit yang akan kamu lewati, dan tentunya kilang-kilang atau pabrik kopi yang berderet di kota Takengon.
Takengon berasal dari bahasa Gayo yaitu "tekongan" yang artinya kelokan. Terbukti untuk mencapai kota kecil ini harus melewati tanjakan perbukitan dan menelusuri lereng-lereng gunung yang berkelok-kelok dan terjal. Sayangnya jalan lintas di Takengon juga masih ada yang berlubang-lubang dan tentu masih perlu perbaikan dari pihak pemerintah.
Alhamdulillah saya berkesempatan mengunjungi kota kecil ini di pertengahan januari 2016, karena abang kelas saya di ka…

Ragam Wisata di Meulaboh Aceh Barat

Meulaboh adalah Ibu Kota Kabupaten Aceh Barat yang terletak disalah satu kabupaten di Provinsi Aceh. Letak geografis Meulaboh sangat strategis, merupakan salah satu kota teramai di barat selatan Aceh yang rata-rata mata pencaharian penduduknya adalah berdagang dan jasa. 
Meulaboh juga merupakan salah satu kota terparah yang terkena bencana Tsunami Aceh tahun 2004 lalu. Bukan hanya menghabiskan banyak bangunan fisik namun juga ribuan nyawa melayang dalam sekejap. Namun hampir sebelas tahun sudah Tsunami berlalu, pemerintah dan masyarakat Aceh Barat khususnya mulai bangkit kembali. Terlihat dengan banyaknya program-program pemerintah yang fokus kepada   pembangunan fisik maupun sumber daya manusia. Pembangunan jalan sudah luas membentang, masjid-masjid berdiri gagah disepanjang jalan, sport center luas akan dibangun, kampus-kampus banyak sekali yang sudah terakreditasi negeri, jembatan-jembatan mulai tertata dengan baik dan tentu dengan pantai memukau yang ada di kota pesisir ini.
Jika…