Langsung ke konten utama

Catatan Kecil Untuk Seorang Abang

Eko Unedo Manurung di Yayasan KKSP Medan
Bang Eko dan aku di Yayasan KKSP Medan
Suatu hari, aku melihat laki-laki aneh dengan ransel, celana jins yang koyak-koyak dan rambut gimbal. Hal itu cukup membekas dalam ingatanku. Saat itu terjadi tahun 2008. Namanya Eko Unedo Alberto Manurung. Nama yang panjang dan aneh menurutku.  Dengan senyum mengembang dan sangat ramah mendekatiku. Aku memanggilnya Bang Eko. Hingga detik ini, aku tak pernah bisa menghapuskan kekagumanku.

"Hidup kedepan akan semakin berat dan tanpa neko-neko. Berjanjilah.. apapun yang terjadi kelak, kau tetap sekuat ini Nas," sebuah kalimat yang paling aku ingat di Rumah Sakit Cut Nyak Dhien Meulaboh, saat ayah terbaring lemah disana.
Sering kali aku jatuh dan menangis, tetapi abang adalah abang terbaik yang pernah aku miliki. Abang yang selalu percaya dengan mimpi-mimpiku dan abang yang selalu mendorongku untuk kuat melangkah walaupun dengan cara yang cukup keras. Kadang aku berharap abang akan sedikit lembut kepadaku. Tetapi aku tahu bahwa abang tak akan pernah menghadiahkan aku kata-kata yang lembut dan manis sebab kata manis menurut abang tidak akan membuatku kuat. Untuk itu, aku setuju bang.
Hingga saat ini ku belum bisa membalas apapun atas semua yang sudah abang lakukan, dan aku tahu abang tak meminta itu. Aku masih menjadi perempuan yang cengeng dan keras kepala setiap kali ada masalah menghampiri. Aku masih saja merepokan abang dengan masalah-masalah yang ku hadapi, seharusnya aku tak lagi melakukan hal itu. Tapi entah kenapa,. aku selalu merasa membutuhkan abang.

Catatan Kecil Untuk Seorang Abang
Bang Eko saat moment penting - wisudaku (2014).

Banyak sekali yang ingin ku tulis tentang abang selama 9 tahun kebersamaan kita dan sesekali menikmati kopi sembari berdiskusi banyak hal, tetapi ketakutanku melebihi keinginan itu. Aku masig belum berani mengatakannya. Jadilah tulisan ini sangat sederhana. Tulisan ini hanya catatan kecil betapa aku sangat mengagumi abang dan selalu berharap yang terbaik untuk abang. Terima kasih untuk buku-buku yang abang hadiahkan setiap aku ulang tahun, mendidik aku dengan buku-buku dan pengalaman hidup. Melalui itu, sekarang aku merasa beruntung sekali pernah melewatinya bersama abang. Terima kasih atas materi apapun yang selalu abang korbankan untukku, tanpa banyak yang tahu.

Selamat Ulang Tahun Bang Eko..
Terima kasih masih mendengar rengekanku yang kekanak-kanakan dan tak tentu arah. Abang adalah inspirator terbaik yang aku punya. Terima kasih untuk ilmu, pengalaman dan pendidikan yang abang hadiahkan untukku terus menerus hingga saat ini. Semoga Allah membalas segala hal baik ini meskipun aku tak bisa membalasnya. Aamiin ya Rabbal 'Alamiin. (Nas)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekreasi Murah Keliling Sidamanik Dan Tarutung Sumatera Utara

Ketika kepenatan melanda yang membuat kerutan di kening semakin mengerut dan hati terasa tak pernah cukup barangkali kita butuh rekreasi sejenak. Menyatu bersama alam sembari merefleksi diri mengenai hidup ini. Mungkin kita terlalu memaksa diri terjebak dalam rutinitas padahal rekreasi  juga diperlukan. Rekreasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk penyegaran kembali rohani dan jasmani kita agar kembali bersemangat dalam beraktifitas sehari-hari. Umumnya jenis rekreasi diantaranya pariwisata, olahraga, permainan dan melakukan hobi.
Menurut Psikolog, rekreasi diperlukan bagi manusia diantaranya yaitu melepas ketegangan dan stress, memiliki umur yang panjang karena tidak mudah stress sehingga penyakit kronis tidak datang, menambah pengetahuan sehingga mengurangi kecenderungan pikun pada usia 60 tahun keatas. Selain itu rekreasi juga membuat waktu berkualitas, membuat kenangan indah bersama dan mempererat hubungan pertemanan semakin erat.

Oleh karena itu, kali ini saya mengajak kawan-…

Wisata Sehari Di Takengon Aceh Tengah

Takengon adalah Ibu kota kabupaten Aceh Tengah yang berdataran tinggi dengan suhu yang tergolong sejuk dibandingkan beberapa kota yang ada di Aceh. Takengon tak diragukan lagi sebagai penghasil kopi terbaik di dunia salah satunya jenis kopi arabika. Lahan kebun kopi di Takengon Aceh Tengah  mencapai 48.300 Hektar. Jika kamu ke Takengon, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pohon kopi yang hijau disepanjang jalan dan bukit yang akan kamu lewati, dan tentunya kilang-kilang atau pabrik kopi yang berderet di kota Takengon.
Takengon berasal dari bahasa Gayo yaitu "tekongan" yang artinya kelokan. Terbukti untuk mencapai kota kecil ini harus melewati tanjakan perbukitan dan menelusuri lereng-lereng gunung yang berkelok-kelok dan terjal. Sayangnya jalan lintas di Takengon juga masih ada yang berlubang-lubang dan tentu masih perlu perbaikan dari pihak pemerintah.
Alhamdulillah saya berkesempatan mengunjungi kota kecil ini di pertengahan januari 2016, karena abang kelas saya di ka…

Ragam Wisata di Meulaboh Aceh Barat

Meulaboh adalah Ibu Kota Kabupaten Aceh Barat yang terletak disalah satu kabupaten di Provinsi Aceh. Letak geografis Meulaboh sangat strategis, merupakan salah satu kota teramai di barat selatan Aceh yang rata-rata mata pencaharian penduduknya adalah berdagang dan jasa. 
Meulaboh juga merupakan salah satu kota terparah yang terkena bencana Tsunami Aceh tahun 2004 lalu. Bukan hanya menghabiskan banyak bangunan fisik namun juga ribuan nyawa melayang dalam sekejap. Namun hampir sebelas tahun sudah Tsunami berlalu, pemerintah dan masyarakat Aceh Barat khususnya mulai bangkit kembali. Terlihat dengan banyaknya program-program pemerintah yang fokus kepada   pembangunan fisik maupun sumber daya manusia. Pembangunan jalan sudah luas membentang, masjid-masjid berdiri gagah disepanjang jalan, sport center luas akan dibangun, kampus-kampus banyak sekali yang sudah terakreditasi negeri, jembatan-jembatan mulai tertata dengan baik dan tentu dengan pantai memukau yang ada di kota pesisir ini.
Jika…