Enter your keyword

Rabu, 03 Februari 2016

Selamat Ulang Tahun Perempuan Pergerakan

"Jika berjodoh, maka tak akan kemana,"sebuah kata bijak yang membuat saya yakin bahwa saya berjodoh dengan sosoknya yang bersahaja. Saya beruntung mengenal dan dekat dengan perempuan paruh baya ini, sosok inspiratif dan bagian yang tak pernah terpisahkan dalam proses perjalanan hidup saya.

Perempuan bernama lengkap Sri Eni Purnamawati kelahiran Medan 50 tahun  lalu ini, saya menyebutnya dengan sebutan Bunda. Saya mengaguminya karena beliau adalah contoh terdekat dalam hidup saya untuk berani dan percaya atas mimpi-mimpi. Senyum dan ucapannya yang tegas dan kombinasi pengetahuan dan pengalamannya yang sangat banyak membuat saya hingga saat ini mengaguminya dan beliau adalah inspirator perempuan pertama dalam hidup saya.

Perempuan yang aktif dalam menyuarakan hak-hak anak dan menyelesaikan S2 di Belanda ini tidak pernah membuat gelar di belakang namanya. Beliau lebih sering mengatakan profesinya sebagai ibu rumah tangga. Saat orang lain bernit tampil menjadi orang yang dipertimbangkan 'di depan', beliau lebih menikmati hidupnya sebagai ibu rumah tangga yang luar biasa.

Perempuan Pergerakan
Selamat Ulang Tahun Bunda

Bunda adalah sosok yang serba bisa. Bunda tahu segala hal tentang dunia medis, dunia perkebunan, dunia pertukangan, dunia manajemen keuangan, dunia pergerakan dan menurut saya beliau adalah perempuan serba bisa. Mungkin beberapa yang mengenal beliau pasti sepakat dengan pernyataan saya. Namun yang belum mengenalnya mungkin akan bertanya bagaimana bisa? Ya. pasti bisa. Melihat kecintaannya pada buku sehingga pengetahuannya luas ditambah dengan pengalamannya yang tak bisa diragukan dalam mengarungi hidup ini. Di mata saya, sosoknya adalah kombinasi yang sempurna.

"Perempuan itu harus kuat karena kedepan beban perempuan akan semakin berat dan dua kali lipat dari laki-laki. Kita harus kuat agar tidak dikasihani oleh orang lain. Mental yang dikasihani oleh orang lain tidak akan kuat dan berani,"ucapan ini berkali-kali beliau ucapkan disela-sela diskusi atau saat makan diruang makan. Saya sepakat dengan pernyataannya, walau sepenuhnya saya beliau mengaplikasikan kata-katanya seratus persen.

Bagi saya dalam dunia pergerakan beliau adalah role model nya. Saat menjadi mahasiswa sudah mampu mendirikan sebuah Yayasan bersama teman-temannya. Yayasan tersebut bernama Yayasan Kelompok Kerja Sosial Perkotaan (KKSP) yang fokus pada isu pendidikan dan informasi hak anak. Yayasan KKSP yang beralamat di Jalan Stella III No 88 Kompleks Kejaksaan Simpang Selayang ini, hingga saat ini merupakan lembaga non pemerintah yang masih eksis di Kota Medan ini dan usianya sudah melebihi seperempat abad. 


Yayasan KKSP
Yayasan KKSP bagian dari hidup dan perjuangannya

Setiap orang pasti mempunyai idola atau inspirator atau sebutan lainnya yang menjadi tolok ukur atau contoh dalam kehidupan sehari-hari. Begitu juga dengan saya, saya menjadikannya inspirator dan menyebutnya sebagai perempuan pergerakan. Oleh karena itu, saya memasukkan kisah ini dalam kolom perempuan pertama blog saya.

Beliau adalah salah satu tokoh aktivis di Sumatera Utara masih tergolong idealis dalam pandangan dan sikapnya, "Aktivis sejati itu bukan lahir dari pencitraan media tetapi lahir dari pembicaraan rakyat. Tidak usah tergila-gila dengan pencitraan media, ketika kau melakukan hal terbaik, maka dunia pasti akan mengapresiasikannya,"kata-kata ini elalu tergiang-giang dan banyak lagi yang saya dapatkan bersamanya baik materi maupun non materi.

Ilmu-ilmu kehidupan yang luas ini tidak saya dapatkan diluar tetapi dari tatapan matanya, kata-katanya dan sikapnya yang penuh makna dan nyata. Saya bersyukur mendapatkan ibu kedua setelah ibu kandung saya. Ibu yang mendidik saya dengan tegas dan benar. Saya tidak akan melihat dunia ini dengan berani jika tanpa tangan bunda, bapak dan kedua adik taragun. Saat saya hampir putus asa tangan-tangan-Nya yang dititipkan kepada keluarga Damago ini membuat saya bangun dan percaya bahwa dunia ini akan baik-baik saja. 

Saya pernah membayangkan jika tanpa pertolongannya, bisakah saya melewati hidup ini? Jawabannya mungkin bisa tetapi kaki saya pasti pincang sebelah karena pondasi yang tidak kuat. Beliau selalu berpesan ketika kita baik kepada siapapun dan dimanapun. maka orang lain juga akan bersikap baik kepada kita. Lapangkan dada untuk hidup ini. Itulah salah satu nilai yang ditanamkan dalam diri saya selama bergaul bersama keluarga kedua ini. Rumah dengan jendala dan halaman yang luas, pohon yang rindang dan tawa yang riang adalah definisi pribadi saya mengenai rumah. Dan saya menemukan itu semua dalam keluarga ini. 
Saya menemukan kehangatan dan kasih sayang disini tanpa perbedaan. 

Perempuan Pergerakan
Selamat Ulang Tahun Bunda

Banyak sekali yang ingin saya tuliskan tentang semua yang saya peroleh dan dapatkan namun karena keterbatasan dan alasan lainnya, ini menjadi refleksi bagi saya dalam memasukkan nilai-nilai positif beliau dalam diri saya. Hari-hari yang telah saya lewati adalah pelajaran yang saya dapatkan darinya, saya tidak akan pernah mengerti keberanian tanpa bimbingan langsung darinya. Saya belum bisa membanggakan Bunda dan keluarga, namun saya berharap semoga suatu hari nanti saya diberi kesempatan oleh-Nya untuk mengukir senyum di kedua bibirnya.

Hari ini, 3 februari 2016 adalahh setengah abad usianya. Saya tidak bisa memberikan apa-apa dan saya yakin beliaupun tak mengharapkan apapun dalam bentuk materi kepada saya. Puisi ini untuk Bunda sebagai hadiah ulang tahun Bunda yang tak seberapa dari Nasriati, semoga Bunda menyukainya.

Selamat Ulang Tahun Bunda,
Terima kasih atas inspirasi setiap hari yang Bunda berikan
Menjadi penegas dalam setiap kegamangan langkah dan impian hidup ini
Memberi banyak pelajaran untukku bertahan

Selamat Ulang Tahun Bunda,
Maafkan setiap salah yang pernah ku lakukan
Hati yang kadang membenci, kata yang kadang menyakitkan 
Dan sikap yang kadang mengecewakan..
Semoga Bunda selalu bangga dengan apa yang ku lakukan
Semoga Bunda juga disayang Tuhan

Selamat Ulang Tahun Bunda,
Tak banyak yang bisa ku jabarkan
Tak ada yang bisa ku berikan
Namun aku berjanji suatu hari nanti aku ingin mengukir senyum bangga Bunda

Selamat Ulang Tahun Bunda, 
Untuk semua yang Bunda dan keluarga berikan
Adalah hal yang tak bisa ku balas. Semoga Tuhan membalas dengan syurga-Nya
Hanya lantunan doĆ” yang bisa ku lakukan.
Karena Doa adalah bentuk cinta terbaik yang bisa ku lakukan.

Selamat Ulang Tahun Bunda,
Semoga Allah menyayangi Bunda selalu sama seperti Bunda menyayangi anak ini...

Sebuah doa adalah bentuk cinta yang bisa menandingi kata-kata. Tentu doa yang lain cukup hamba-Nya dan DIA yang tahu. Selamat ulang tahun perempuan pergerakanku, Semoga Allah mudahkan dan wujudkan mimpi-mimpi brilian Bunda yang pernah Bunda utarakan. Semoga sehat selalu dan segala kebaikan menyertai Bunda adalah harapan yang saya tanamkan diam-diam. Saya menyayangi Bunda, Selamat ulang tahun perempuan pergerakan.(NM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar