Enter your keyword

Senin, 25 Januari 2016

Wisata Sehari Di Takengon Aceh Tengah

Takengon adalah Ibu kota kabupaten Aceh Tengah yang berdataran tinggi dengan suhu yang tergolong sejuk dibandingkan beberapa kota yang ada di Aceh. Takengon tak diragukan lagi sebagai penghasil kopi terbaik di dunia salah satunya jenis kopi arabika. Lahan kebun kopi di Takengon Aceh Tengah  mencapai 48.300 Hektar. Jika kamu ke Takengon, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pohon kopi yang hijau disepanjang jalan dan bukit yang akan kamu lewati, dan tentunya kilang-kilang atau pabrik kopi yang berderet di kota Takengon.

Takengon berasal dari bahasa Gayo yaitu "tekongan" yang artinya kelokan. Terbukti untuk mencapai kota kecil ini harus melewati tanjakan perbukitan dan menelusuri lereng-lereng gunung yang berkelok-kelok dan terjal. Sayangnya jalan lintas di Takengon juga masih ada yang berlubang-lubang dan tentu masih perlu perbaikan dari pihak pemerintah.

Alhamdulillah saya berkesempatan mengunjungi kota kecil ini di pertengahan januari 2016, karena abang kelas saya di kampus mengadakan resespsi pernikahan disana, kebetulan juga takengon merupakan kota kelahirannya. Dalam sehari saya bisa mendapat pengetahuan tentang pernikahan dan beruntung bisa mengelilingi beberapa objek wisata di kota takengon ini dalam waktu sesingkat-singkatnya. hehehe..

Tradisi dan Budaya Gayo Aceh Tengah

"Lain lubuk lain pula ikannya," itulah pepatah yang tepat menggambarkan tulisan mengenai tradisi di kota ini khususnya. Dalam hal ini, saya ingin memaparkan tentang tradisi pernikahan. Berhubung saya ke Takengon dalam rangka menghadiri resepsi pernikahan abang kelas di kampus, hehehe,.

Tradisi pernikahan di Takengon menggunakan tradisi Gayo, bukan adat Aceh kebanyakan. Karena Gayo merupakan suku minoritas dan mempunyai kebudayaan tersendiri dibandingkan beberapa daerah di Aceh. Pakaian tradisional tidak hanya dipakai dalam acara perkawinan, juga dipakai dalam acara-acara resmi lainnya seiring dengan perkembangan zaman. Pemakaian baju tradisional dalam beberapa acara ini sebagai bagian dari menunjukkan identitas dan kebanggan akan etnik budaya lokal Gayo iu sendiri.

Wisata Takengon Aceh Tengah
Pelaminan Pernikahan Khas Gayo Aceh Tengah

Pakaian adat perkawinan Gayo biasanya disebut dengan kerawang Gayo yang mengetengahkan kekayaan teknik sulaman benang warna putih, merah, kuning dan hijau. Aman mayak adalah sebutan untuk pakaian pria sementara Ineun mayam merupakan sebutan untuk pakaian wanita. 

Pernikahan Tradisi Gayo Aceh Tengah
Pernikahan abang kelas yang menggunakan tradisi Gayo Aceh Tengah

Saat berlangsungnya acara baik pesta pernikahan maupun acara resmi lainnya, biasanya para tamu terhormat  disambut dengan tarian penyambut yang menggunakan baju adat kerawang gayo. Para tamu juga diselimutkan pula dengan kain adat berkualitas terbaik sebagai simbol penghargaan atau rasa hormat yang tinggi serta penerimaan yang ikhlas dari masyarakat setempat.

Tari Saman Gayo

Tari saman merupakan tarian yang terkenal baik tingkat Nasional maupun Internasional. Tarian yang dikembangkan oleh Syekh Saman ini banyak yang tidak tahu bahwa tarian ini aslinya berasal dari suku Gayo yang berada di dataran tinggi Aceh tengah ini. 

Tari Saman dan Wisata Takengon Aceh Tengah
Tarian saman Gayo juga sebagai tarian sambutan dalam berbagai acara

Tarian yang biasanya ditampilkan dalam acara-acara resmi maupun keagamaan ini biasanya menggunakan alat musik penggiring, namun bisa juga dengan bermodalkan suara penari dan gerakan tepuk tangan meriah si penari. Tarian saman yng membuat banyak orang terpukau dengan gerakannya ini merupakan salah satu media penyampaian pesan dakwah karena tarian ini banyak sekali mengandung nilai-nilai yang dapat dipetik dalam kehidupan kita diantaranya yaitu nilai pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersaman.

Pesona Lut Tawar 

Takengon memiliki danau lut tawar yang merupakan objek wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan karena ini adalah ikon paling menonjol di Takengon. Danau atau lut dalam bahasa Gayo ini memiliki air yang jernih dan tidak asin, seperti namanya lut tawar.

Berdasarkan informasi di wikipedia.org, danau tawar ini luasnya kira-kira 5.472 Hektar dengan panjang 17 KM dan lebar 3.219 KM dengan volume airnya kira-kira 2.537.483.884 m3 (2,5 triliun liter). Di dalam danau ini ada ikan depik yang hanya hidup di Takengon . Ikan depik ini bentuknya hampir sama dengan ikan teri namun ukurannya sedikit panjang dan mempunyai rasa yang khas.


Pesona Danau Tawar atau Lut Tawar Takengon Aceh Tengah
Danau Tawar atau Lut Tawar ikon Takengon Aceh Tengah

Untuk menikmati pemandangan danau keren ini, kamu bisa mengelilinginya dengan bersepeda sembari menikmati udara sejuk yang bisa menenangkan dirimu dari kepenatan rutinitasmu.
Airnya yang jernih dan dikelilingi oleh bukit-bukit penggunungan serta awan biru yang menghiasinya adalah pesona Lut Tawar yang tak bisa kamu tolak untuk tidak dinikmati. Istilahnya, tidak sah ke Takengon jika tidak menikmati danau luas ini.

Objek Wisata Legenda Putri Pukes

Disamping Lut Tawar, kawasan wisata Takengon ini menyimpan banyak legenda masa lalu yang menarik dan menjadi kisah yang diceritakan turun temurun dari generasi ke generasi, salah satunya legenda Putri Pukes. Kisah ini bermula dari seorang putri yang mendapat kutukan dari ibunya karena tidak mengindahkan nasehat sang ibu untuk tidak melihat ke belakang setelah menikah dengan sang suami. 
Objek Wsata Putri Pukes Takengon Aceh Tengah
Objek Wsata Putri Pukes Takengon Aceh Tengah


Menurut penjaga objek wisata Puteri Pukes ini, sesekali puteri pukes yang telah berubah menjadi batu sampai saat ini kadang menitikkan air matanya karena menyesal dengan tindakannya yang tidak mendengar nasehat sang ibu. 

Wisata Takengon Aceh Tengah
Ruang bertapa dalam gua putri pukes Takengon Aceh Tengah

Objek wisata ini terletak di pinggiran danau laut tawar tepatnya di desa Mandale Kecamatan Kebayakan Aceh Tengah. Didalam gua puteri pukes tersebut terdapat batu yang dipercayai adalah Putri Pukes yang telah menjadi batu, sumur besar, kendi yang sudah menjadi batu, tempat duduk untuk bertapa dan sekeliling gua dengan dinding ular, tulisan Allah dan lainnya yang menghiasi gua ini.

Wisata Takengon Aceh Tengah
Sumur besar dalam gua Putri Pukes Takengon Aceh Tengah

Untuk menikmati objek wisata ini hanya dikenai tarif Rp 5.000,- dan kamu bisa menikmati banyak hal khususnya sejarah Putri Pukes dan bisa berphoto ria disini.

Objek Wisata Tengkorak

Tengkorak d Takengon Aceh Tengah
Tengkorak yang telah dsemen di Takengon Aceh Tengah
Wisata tengkorak ini tidak jauh dari objek wisata Putri Pukes, namun karena tidak ada penjaga objek arkeologi ini saya kekurangan informasi mengenai tengkorak yang ada di kars ini. Ada beberapa lubang dibawah kaki gunung ini yang berisi tengkorak baik yang masih utuh, maupun yang sudah menjadi tulang belulang dan sudah disemen.

Pabrik Kopi dan Warung Kopi

Seperti yang telah kita ketahui, Takengon merupak kota penghasil kopi terbaik. Uniknya kamu tidak hanya sekedar meminum kopi seperti di warung atau cafe lainnya, tetapi disini kamu bisa langsung melihat berbagai jenis kopi mulai dari bijinya kopi, proses penggilingan menjadi bubuk kopi dan cara meracik kopi yang nikmat. Bubuk kopi yang telah dikemas dengan baik dan cantik merupakan salah satu ole-ole khas Provinsi Aceh ini.

Bagi kamu pencinta kopi, disini kamu tidak akan kesusahan mencari pabrik dan warung kopi disini, karena memang pada dasarnya Aceh terkenal dengan sebutan kota seribu warung kopi.
Bahkan ada beberapa lelucon lucu yang terkenal di Aceh yaitu jip kuphie nak bek pungoh yag artinya minum kopi agar tidak gila.
Kamu ingin menikmati berbagai jenis kopi? Disini tempatnya.

Kopi Takengon adalah kopi terbaik dunia
Kopi Takengon adalah Kopi terbaik dunia

Baiklah, kali ini hanya ini yang bisa saya ceritakan tentang kota indah Takengon Aceh Tengah ini. Jika kamu mempunyai keterbatasan waktu mengunjungi kota kecil ini, tidak perlu khawatir karena dalam sehari saja kamu tetap bisa menikmati tradisi gayo yang unik, racikan kopi yang harum, penduduknya yang ramah, kebun kopi dan sayur-mayur penduduk yang membentang luas dan tentunya objek wisata yang saling berdekatan. Kamu bisa mengakses ini semua dengan sepeda, kereta dan transportasi umum atau labi-labi namanya.
 
Semoga diberi kesempatan lagi oleh-Nya untuk menginjak bumi Lut Tawar ini agar banyak cerita yang bisa dibagikan ke pembaca sekalian. Jika ada kesalahan dan kekurangan dalam menuliskan artikel tentang tempat wisata di Takengon Aceh Tengah, mohon dikoreksi. Selamat membaca, terima kasih. (NM)



3 komentar:

  1. kopi nya kek nya mantap itu
    rasa apa aja nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap bang.. rasanya rasa kopi bang :D Hehe

      Hapus
  2. takengon kota di atas awan ,mandi di sungai nya udh kayak mandi di dlm kulkas (dingin benerrrr)
    saya ksn wktu lebaran tdi .kl rasa kopi ny jgn d.tnya ya psti rasa kopi kwkwkwk

    BalasHapus