Enter your keyword

Sabtu, 19 Desember 2015

Berharap Hanya Kepada Pemilik Harap

Harapan seperti akar yang menyimpan dan mengaliri air ke seluruh pohon, agar daunnya rindang dan pohonnya berbuah lebat.
Harapan seperti air dan udara bagi makhluk hidup untuk bisa bertahan hidup. Harapan adalah sesuatu yang abstrak dan tidak tampak, namun selalu diyakini harus ada dalam diri setiap makhluk. Kita tentu mempunyai harapan masing-masing yang kita harapkan.Semoga kita selalu percaya dengan harapan kita.

Menurut Wikipedia.org, harapan atau asa adalah bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan atau didapatkan atau sesuatu kejadian yang akan berbuah kebaikan.
Harapan adalah oase dalam hidup bahwa masih ada hal positif yang kita inginkan untuk hari esok yang lebih baik.
Ketika harapan tidak ada lagi dalam jiwa, bisa saja kita seperti orang-orang yang mati sebelum benar-benar hidup. Dengan segala keterbatasan yang ada, semoga kita masih bertahan dengan harapan yang terselip didalam jiwa. 

Harapan untuk bertahan
Harapan adalah salah satu bukti bahwa kita masih bertahan dalam setiap ujian. (gambar via www. pixabay.com)

Kadang kita sudah melakukan banyak hal dengan maksimal, sudah berbuat baik kepada semua orang dan sudah melakukan ibadah diatas rata-rata orang lain. Namun sering kali kita merasakan mengapa cobaan hidup ini terasa berat sekali, kenapa sering menjadi korban pemberi harapan palsu alias PHP, sering kali bertanya mengapa orang lain begitu tidak peduli dengan hidup kita, padahal kita begitu peduli dengan sesama atau kadang kala kita sudah melakukan hal dengan maksimal misalnya masuk Universitas, menjadi karyawan berprestasi dan lainnya, namun hasilnya nihil dan biasa saja. 
Jika kita turuti pasti masih banyak lagi gerutuan yang kerap hadir dipikiran kita.

Seringkali hati patah dan kecewa, karena kita menempatkan harapan kepada manusia. Kepada makhluk yang sering lupa dan hatinya pun sering terbolak-balik. Kita berharap padanya terlalu tinggi dibandingkan kepada-NYA.

"Dan Tuhanmu berfirman : berdo'alah kepada-Ku, niscaya aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri menyembahku akan masuk neraka jahannam dalam keadaan hina (QS Almu'min : 60) *Gambar via www. corpus.quran.com
Allah sudah memberi keterangan yang jelas ketika kita menautkan harapan hanya kepada-Nya, Allah jelas-jelas akan mengabulkannya jika kita bersedia bersabar dalam proses dan waktu.
Jangan sombong dan malu mengeluh kepada-Nya. Dia tahu apa yang terbaik untuk hamba-Nya. Malulah ketika kita sering mengeluh kepada makhluk-Nya padahal Dia maha segalanya.

Maka jangan pernah berharap pada manusia yang membuat hatimu bisa patah dan terluka. Berharaplah pada-Nya yang sudah pasti Maha Cinta dan Maha segalanya.
Mengandalkan DIA dalam segenap usaha meskipun berkali-kali gagal dalam segala pencapain. Ingatlah, bahwa Allah tidak akan membiarkan kita linglung dan terkatung-katung sendirian.

Belajarlah untuk mendidik diri untuk selalu yakin dengan apa yang kita harapkan dan kita yakin pula kepada sang pemilik harap. Selalu ada kepuasan atas setiap jawaban-Nya. Dia tidak akan pernah membuat hati sensi maupun tersakiti.

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran."(QS.Albaqarah :186) *Gambar via www.corpus.quran.com

Ayat tersebut jelas sekali bahwa Allah memberitahukan bahwa Dia amatlah dekat dengan kita dan Allah pasti mengabulkan semua harapan selama kita mau melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Jadi, jangan pernah ragu untuk meminta dan kembalikan semua keluh kesah hanya kepada-Nya.

Pupuklah rasa percaya bahwa esok' mentari akan bersinar lebih terang', rezeki-Nya akan turun dari segala penjuru yang tak terduga-duga asal kita berharap banyak kepada-Nya lewat doa yang kita munajatkan serta lewat usaha yang terus kita usahakan.
Setiap jengkal bumi ini selalu ada rezeki yang sudah ditetapkan jika kita menginginka rezeki-NYA.
Begitu juga dengan jodoh, tidak perlu risau. Semua pasti akan menemukan jodoh dan menikah pada waktunya. hihihi (nyelip jodoh bah)

Harapan yang menguatkan
Berharaplah sesungguhnya Allah sangatlah dekat

Ini sudah akhir tahun masehi, selamat membuat resolusi baru dengan harapan dan semangat baru. Jangan lupa menautkan harapan hanya kepada-Nya agar hati tidak kecewa dan menderita dalam setiap perencanaan dan usaha yang kita lakukan.
Selamat berharap kepada pemilik harap karena-NYA lah sebaik-baiknya muara harap, Semangat!!

Selamat membaca, terima kasih.(NM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar