Enter your keyword

Senin, 23 November 2015

Ragam Wisata di Meulaboh Aceh Barat

Meulaboh adalah Ibu Kota Kabupaten Aceh Barat yang terletak disalah satu kabupaten di Provinsi Aceh. Letak geografis Meulaboh sangat strategis, merupakan salah satu kota teramai di barat selatan Aceh yang rata-rata mata pencaharian penduduknya adalah berdagang dan jasa. 

Meulaboh juga merupakan salah satu kota terparah yang terkena bencana Tsunami Aceh tahun 2004 lalu. Bukan hanya menghabiskan banyak bangunan fisik namun juga ribuan nyawa melayang dalam sekejap.
Namun hampir sebelas tahun sudah Tsunami berlalu, pemerintah dan masyarakat Aceh Barat khususnya mulai bangkit kembali. Terlihat dengan banyaknya program-program pemerintah yang fokus kepada   pembangunan fisik maupun sumber daya manusia. Pembangunan jalan sudah luas membentang, masjid-masjid berdiri gagah disepanjang jalan, sport center luas akan dibangun, kampus-kampus banyak sekali yang sudah terakreditasi negeri, jembatan-jembatan mulai tertata dengan baik dan tentu dengan pantai memukau yang ada di kota pesisir ini.

Jika kamu anak Meulaboh tentu harus bangga dengan kemeulabohanmu. Karakter anak pantai Meulaboh melambangkan semangat untuk berjuang meraih impian bukan tipe manja dan bersenang-senang tanpa manfaat. Karena Meulaboh bukan hanya kota pelabuhan berdagang namun juga kota semangat Pahlawan Teuku Umar.

Sementara buat pembaca yang ingin menjejaki kaki ke Aceh, Meulaboh merupakan salah satu kota yang wajib kamu singgahi. Kenapa dengan Meulaboh? Langsung saja, yuk baca alasan kenapa kamu harus menjejakkan kaki di Kota Meulaboh.

1. Kopi Tubruk Teubalek

Bagi kamu pencinta kopi dengan keunikan sendiri, Meulaboh adalah tempatnya. Meulaboh mempunyai kopi khas yang disajikan secara terbalik. Cara meminumnya dengan menghembuskan terlebih dahulu lalu disedot dengan pipet. Cara yang unik bukan?

Jika kamu bukan penikmat kopi, kamu bisa juga memesan kopi susu dingin maupun panas yang juga disajikan terbalik. Harga kopi teubalek (dalam bahasa Aceh) ini hanya membayar Rp 9.000,-.
Kamu bisa menikmati kopi teubalek ini di salah satu gampong atau desa Suak Ribee namanya. Suak Ribee merupakan tempat penjualan kopi terbalik yang terkenal di Meulaboh. Kamu bisa menikmati kopi terbalik langsung menghadap pantai cantik Meulaboh loh.

Kopi Teubalek Khas Meulaboh
Kopi teubalek atau terbalik ciri khas Meulaboh

2. Wisata Sejarah Kupiah Meukutop dan Makam Teuku Umar

Kota kecil pesisir ini merupakan kota kelahiran Pahlawan Nasional yaitu Teuku Umar. Kamu pasti tahu bagaimana semangat Teuku Umar mengusir penjajah di Bumi Serambi Mekkah ini. Semangat dan ide cemerlangnya dengan berpura-pura bekerjasama dengan Belanda sehingga Belanda tertipu dengan trik Teuku Umar. Tindakan pengkhianatan Teuku Umar ini disebut 'Het Verraad van Teukoe Oemar' yang membuat Belanda mengamuk dan megerahkan pasukan besar untuk mengejar Teuku Umar dan pasukannya.

Kamu generasi Teuku Umar? Harus bangga dengan semangat dan kecerdasannya dengan membuktikan bahwa kamu juga bisa melakukan hal terbaik dari diri kamu untuk bumi Teuku Umar ini.

Bagi kamu yang ingin berwisata sembari mengenal sejarah heroiknya Teuku Umar datanglah ke Kupiah Meukutop dan Makam Teuku Umar.

Tugu Kupiah Meukutop Teuku Umar
Tugu Kupiah Meukutop Teuku Umar sebagai tugu penanda tempat Teuku Umar ditembak oleh Belanda

Kupiah meukutop merupakan tugu kupiah/topi khas Teuku Umar yang terletak di desa Ujung Kalak Kecamatan Johan Pahlawan. Tugu ini sebagai penanda bahwa disanalah tempat meninggalnya Teuku Umar yang ditembak oleh pasukan Belanda bertepat pada tanggal 11 Februari 1899. Selanjutnya agar jenazah Teuku Umar tidak diambil oleh Belanda, pasukan Teuku Umar membawa jenazah dan mengelabui Belanda dengan membuat enam makam dan terakhir tempat Teuku Umar dimakamkan sekarang yaitu di Desa Meugo Rayeuk Kecamatan Panton Reuh. Makam Teuku Umar ini terletak sekitar 40 kilometer dari kota Meulaboh.

Makam Pahlawan Teuku Umar
Makam Pahlawan Teuku Umar yang terletak di Desa Meugo Rayeuk Kecamatan Panton Reuh

3. Keindahan Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh

 Masjid merupakan bangunan sakral umat islam. Tidak heran jika kamu melewati atau berkunjung ke Aceh di sepanjang jalan kamu akan melihat keindahannya di Bumi Serambi Mekkah ini. Selain karena mayoritas penduduknya adalah muslim. Meulaboh juga terkenal dengan sebutan kota Tauhid Tashawuf. 

Selain masjidnya yang indah namun juga mempunyai sejarah yang tak terpisahkan dari kisah mahadahsyat Tsunami.

Meskipun begitu banyak bangunan fisik yang hancur di Aceh, namun Rumah Allah ini rata-rata tidak banyak yang hancur lebur dan sebagian hanya rusak ringan saja. Misalnya Masjid dikampung saya yang bernama Masjid Darul Hikmah Peunaga Rayeuk, Masjid Ujung karang, Mesjid Agung Meulaboh dan masih banyak Masjid lainnya.

Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh
Masjid Agung Baitul Makmur selain bergaya arsitektur Timur Tengah, Asia dan Aceh juga merupakan masjid yang selamat saat bencana Tsunami

Disini saya tertarik menuliskan tentang Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh. Masjid ini terletak di Desa Seuneubok Kecamatan Johan Pahlawan. Masjid yang memiliki arsitektur antara perpaduan Timur Tengah, Asia dan Aceh dengan konsep warna cokelat cerah yang dikombinasikan dengan warna merah di kubahnya. Ciri khas Masjid termegah di Meulaboh ini adalah tiga kubah utama yang diapit oleh dua kubah menara air yang lebih kecil.

Masjid Agung Baitul Makmur ini juga termasuk ke dalam 100 Masjid terindah di Indonesia berdasarkan buku yang disusun oleh Teddy Tjokrosaputro dan Aryananda yang diterbitkan oleh PT Andalan Media pada bulan Agustus 2011. Selain pusat keagamaan dan kajian islam, masjid ini juga sering digunakan untuk pelaksanaan ijab qabul pernikahan.
Baiklah, jika kamu ingin menemukan ketenangan dan melihat hamparan halaman masjid yang luas, jangan lupa berkunjung kesini ya.

4. Pesona Pantai dan Sunset di Pantai Meulaboh

Aceh terkenal dengan pesona pantainya yang cantik dengan deburan ombak yang memukau. Pantai Meulaboh juga tidak kalah dengan pantai-pantai cantik yang ada di Sabang, Aceh Selatan, Aceh Jaya, Aceh Besar dan Kabupaten di Aceh lainnya.

Pantai-pantai cantik yang ada di Aceh Barat ini diantaranya pantai Ujong Karang dengan ciri khas pasir putih dan karang yang menghiasi bibir pantai. Pantai ini terletak tidak jauh dari kota maupun pelabuhan Ujung Karang Meulaboh. Kamu juga bisa menikmati jagung bakar dengan harga terjangkau sembari menikmati matahari terbenam dengan indah di pesisir pantai ini.

Sunset romantis di Pantai Ujung Karang Meulaboh (dok.Clarissa)
Selanjutnya juga ada pantai Suak Ribee yang terkenal dengan kopi terbaliknya dan tentu sunset yang indah bisa kamu lihat dari sini. Ada juga Pantai Batu Putih yang menghadap ke kupiah meukutop Teuku Umar. Pantai dengan keteduhan pohon kelapa dan cemaranya juga ada di Kecamatan Samatiga yang bernama  Pantai Lhok Bubon dan Suak Geudubang. Selanjutnya juga ada pantai yang tetap indah meskipun telah ditutup untuk wisata ramai, yaitu Pantai lamnaga kecamatan Meureubo. Pantai ini tidak kalah cantik dan terletak tidak lebih dari 1 kilometer dari rumah saya.

Pantai Lamnaga Peunaga Rayeuk 

Setiap pantai yang ada di  Aceh khususnya yang ada di Meulaboh selalu menyajikan pesona sunset yang beragam. Kamu tinggal memilih mau menikmati sunset dimana. Semua bisa kamu nikmati dengan gratis tanpa tiket masuk loh!

Daaaan... Jak lom U Meulaboh (Bahasa Indonesia : Datang lagi ke Meulaboh), pasti kamu akan mengenang banyak hal disini. Meskipun kota ini tidak seluas kota tempat saya beraktifitas sekarang. Kota ini selalu menarik-narik untuk segera pulang. Menikmati kopi, menikmati jagung bakar murah meriah, bersujud kepada Ilahi lewat masjid yang selalu dihati, merefleksi semangat kepahlawan Teuku Umar maupun sang istri Cut Nyak Dhien, mengingat kembali Ibrah yang didapat setelah Tsunami menghancurkan Aceh serta menikmati matahari terbenam begitu indah disebelah baratnya.

Seperti matahari yang setia kembali berputar ke sebelah barat, saya juga begitu. Saya selalu ingin pulang ke pantai barat ini, tempat dimana kerinduan seharusnya tercurahkan. Eyak..

Di akhir tulisan ini, saya mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dalam penyajian data tentang beberapa wisata di Meulaboh ini. Karena keterbatasan pengetahuan dan lainnya, hanya ini yang bisa saya sajikan mengenai ragam wisata kota Meulaboh.

Dan apabila ada kesalahan dan kekurangan mohon kiranya memberi masukan demi perbaikan tulisan ini kedepannya. Selamat membaca, terima kasih. (NM)


12 komentar:

  1. Balasan
    1. Bang wahyu #AyoKeAcehLagi.. jangan tepar ya!

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Cakep nas tulisannya ;)
    Lebih cakep lagi kalo diceritain sedikit experiences-nya. Hmmm.. bisa jadi lebih menarik bacaannya. Jadi kelelep dah yg baca. Sekian. Muihihihi.. terus berkarya cantik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kakak :)
      Nanti ditulisan selanjutnya akan ditulis tentang pengalamannya yang lebih detail lagi kak. Terima kasih telah mampir di blog Nas. Motivasi kakak memberi energi tambahan kepada Nas untuk terus berkarya.
      semangat!

      Salam,
      Nasriati

      Hapus
  4. Teruslah menulislah nas..
    Inspiratif #two thumb for u nas

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasiiiihhh Aul..
      sama-sama kita berkarya dan bermanfaat untuk orang banyak.
      Semangat!!

      Salam,

      Nasriati

      Hapus
  5. Balasan
    1. Hehehe.. baru belajar kakak dek. Jadi belum keren.

      Poetrilah yang kereeen.. Udah lama ngeblognya :D

      Hapus
    2. Hehehe.. baru belajar kakak dek. Jadi belum keren.

      Poetrilah yang kereeen.. Udah lama ngeblognya :D

      Hapus